Home » , , » Sistem Operasi Terbaru Microsoft

Sistem Operasi Terbaru Microsoft

Saturday, October 27, 2012 | 0 komentar

Windows 8 merupakan versi penerus dari windows 7. Dalam windows 8 ini terdapat banyak perubahan yang ternyata memudahkan juga menyulitkan pengguna. Contohnya seperti tombol start yang "hilang". Diluncurkan pada 1 Juli 2011. Meski peluncurannya dimulai pada 1 Juli 2011, namun resminya diluncurkan pada 25 Oktober 2012, di Singapura. Dalam peluncuran ini ada 1000 unit tablet dan PC. Vendor komputer lain yang menggunakan Windows 8 antara lain ; Dell, Acer, HP, Lenovo, Samsung, Sony, Toshiba, dan, Asus. Vendor-vendor tersebut menyediakan 50 perangkat berbasis Windows 8 seperti tablet, notebook, dan bahkan ultrabook.

Peluncuran ini juga sekaligus membangkitkan kembali Sistem Operasi Windows. Meskipun Windows sudah "menjerat" 92% pengguna komputer, Windows mengalami kertertinggalan sejak 2010. Apalagi dengan perangkat bergerak,Windows kalah besar oleh Android dan iPhone. Sebagai perbandingan, ada 850 perangkat berbasis Android diaktivasi setiap harinya. Windows 8 ini akan menjadi pendorong lahirnya laptop jenis ultrabook dengan layar sentuh dan turut memperbesar pasar tablet.

Perubahan-perubahan yang terjadi di windows 8 dinilai sangat radikal. Secara singkat, berikut dibawah ini ada beberapa perubahan yang saya kutip dari situs tempo;
  • Tombol "start" yang biasanya ada di pojok kiri bawah, sekarang "hilang"
  • Pada start screen berlatar hitam ditampilkan kumpulan aplikasi atau profil dari teman dalam kontak pengguna dalam kumpulan kotak berwarna-warni.
  • Antar-muka berupa Metro, yang serupa dengan tampilan pada Windows Mobile.
  • Untuk keluar dari suatu aplikasi, tinggal menyeret dan membuangnya ke bawah layar. Karena di Windows 8 tidak akan menemukan tanda silang di pojok kanan atas.
  • Untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Perangkat berlayar sentuh dapat melakukannya hanya dengan menggeser aplikasi dari ujung layar. Sedangkan untuk PC dengan mengklik kursor pada ujung kiri atas layar.
  • Memiliki fitur charm yang terdapat dalam berbagai aplikasi dan memiliki beberapa pilihan seperti search, share, atau setting.
  • Terdapat Internet Explorer 10 dalam versi Metro dan versi desktop. Versi Metro tampil dalam satu layar penuh yang bersih dari berbagai toolbar dan dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan cara menyeret halaman ke kanan atau ke kiri.
  • Windows Store, yang menyediakan berbagai aplikasi dan game yang dapat diunduh semudah pada versi smart phone
Bahkan kabarnya, Aksara Jawa "Hanacaraka" akan disertakan pada Windows 8 ini. Saat ini, Unseco sedang berusaha memasukan Hanacaraka kepada Unicode. Unesco tertarik untuk membantu karena dunia menganggap aksara Jawa sudah perlu diselamatkan agar tidak punah. Karena itu registrasi secara font diharapkan akan dapat menjamin hal itu. Lihat disini
 

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger