Home » , » Macam-macam Pertumbuhan dan Perkembangan

Macam-macam Pertumbuhan dan Perkembangan

Thursday, April 4, 2013 | 0 komentar

Pertumbuhan merupakan pertambahan ukuran yang irreversible atau tidak dapat dikembalikan. Namun kadang terjadi pembalikan atau reversible, hal ini terjadi karena pengurangan jumlah sel yang mengakibatkan berkurangnya ukuran. Pada umumnya, pengurangan sel terjadi akibat keruasakan sel itu sendiri atau karena dediferensiasi sel. Suatu pertumbuhan bisa diketahui dengan bertambahnya ukuran suatu individu.

Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan. Makhluk hidup bisa dikatakan dewasa jika sudah mampu bereproduksi, atau alat reproduksinya sudah berfungsi dengan baik. Kedewasaan suatu individu hanya akan diketahui setelah mencapai usia terententu. Sebagai contoh, manusia sudah dikatakan dewasa jika tumbuh jakun pada laki-laki, atau tumbuh buah dada pada perempuan. Akan tetapi, selain sebuah proses menuju kedewasaan, perkembangan juga bisa dikatakan sebagai pertambahan kualitas. Contoh pertambahan kualitas seperti buah yang masak, atau bunga yang semakin mekar.

Ada dua macam pertumbuhan, yaitu pertumbuhan sekunder dan pertumbuhan primer.
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi ketika organisme masih dalam tahap embrionik. Pada tumbuhan berbiji, masa embrionik terjadi pada pertumbuhan tunas embrionik dan akar embrionik. Nantinya, tunas embrionik ini akan menjadi tunas dan daun, sedangkan akar embrionik akan menjadi akar.

Pertumbuhan sekunder adalah proses pertumbuhan setelah masa embrionik "berakhir", yaitu masa dimana suatu embrio sudah menjadi individu. Seperti biji kacang sudah menjadi kecambah kacang. Kecambah kacang ini kemudian tumbuh membesar dan semakin besar hingga akhirnya tua lalu mati. Fase inilah yang disebut dengan pertumbuhan primer, yaitu proses bertambahnya ukuran pada suatu organisme mulai dari kecambah hingga akhirnya mati.
Label [ , ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger