Home » » 14 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

14 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Tuesday, September 30, 2014 | 0 komentar

Hidung tersumbat merupakan gangguan yang sangat menjengkelkan. Mengganggu aktifitas hingga sulit bernafas.

Untuk mengatasi hidung tersumbat sangatlah mudah. Dibawah ini ada banyak cara yang bisa kita coba untuk mengatasi hidung tersumbat.

Mengatasi hidung tersumbat bagi orang dewasa

1. Mandi Air hangat
Karena uap air mampu mengurangi kekentalan ingus, mandi air hangat bisa jadi salah satu cara untuk melegakan hidung kita yang sedang tersumbat

2. Minum air hangat
Jika mandi air hangat saja tidak melegakan hidung Anda, cobalah untuk minum air hangat. Air hangat mampu mengeluarkan toksin dari tubuh. Uap airnya akan mengurangi penyumbatan di rongga sinus dan hidung

3. Menghirup uap air
Uap air mampu mengurangi penyumbatan. Menghirupnya secara langsung akan lebih efektif bila dibandingkan dengan mandi dan minum air hangat.

4. Tidur setengah duduk
Jika masih belum berhasil, tidurlah. Dengan posisi kaki lurus kedepan, namun kepala Anda harus lebih tinggi dari biasanya. Anda bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang leher, dan satu bantal untuk menopang punggung Anda agar tidak sakit.

5. Minum air jeruk hangat
Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan dalam mengatur suhu tubuh. Juga sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. Minuam jeruk ini juga bisa Anda manfaatkan untuk melegakan hidung tersumbat. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak bisa ditambahkan madu.

6. Konsumsi makanan pedas
Jika jeruk nipis tidak ditemukan, kita bisa menggunakan cabai, atau makanan-makanan pedas lainnya yang mampu membuat hidung Anda meler. Ini sangat bagu untuk mengeluarkan lendir dari hidung.

7. Teh herbal
Minum teh herbal mampu mengurangi hidung tersumbat. Uapnya mampu mengatasi iritasi-iritasi yang terjadi di saluran hidung dan bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan lendir di hidung.

8. Menghirup minyak kayu putih
Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom yang berisi air mendidih. Uap dari air panas campur kayu putih tersebut bisa melegakan hidung Anda. Cobalah untuk menghirupnya selama 10 menit.

9. Makan sup ayam
Ini merupakan cara yang paling nikmat untuk melegakan hidung Anda yang sedang tersumbat. Didalam sup ayam terdapat sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka penyumbatan di hidung.

10. Berkumur dengan air garam
Alternatif terkahir ialah air garam. Campurkan satu sendok makan garam dapur ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga rata, dan berkumurlah dengan air garam tersebut. Lendir di hidung akan berkurang dan tidak ada lagi penyumbatan.

11. Jangan membuang ingus kuat-kuat
Untuk membuat ingus bisa dengan cara yang lebih lembut, perlahan, tapi pasti. Membuang ingus terlalu kuat bisa menambah peradangan di hidung. Hal ini bisa meningkatkan jumlah lendir di hidung dan tentu saja akan terjadi penyumbatan lebih parah lagi.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

1. Menggunakan penyedot lendir
Sebelum menggunakan aspirator (penyedot lendir). Gunakan alkohol dan air untuk membersihkan aspirator tersebut dan keringkan. Setelah benar-benar bersih, gunakan aspirator pada bayi secara perlahan-lahan dan jangan terlalu dalam.

2. Menggunakan tissue
Lipat tissue sedemikian rupa hingga sangat kecil dan muat di lubang hidung bayi. Masukan lipatan/gulungan tisu tersebut ke dalam lubang hidung bayi dengan perlahan-lahan dan keluarkan ingusnya.

3. Menggunakan larutan saline
Saline adalah larutan garam dan air. Gunakan 1/4 sendok teh garam dan 1/2 cangkir air hangat. Masukkan 2 tetes larutan ke dalam hidung bayi.

Alternatif lainnya

Hidung tersumbat bisa terjadi karena hal lain selain tubuh yang kurang fit. Bisa juga karena adanya kelenjar yang membesar di dalam rongga hidung yang disebut dengan polip hidung. Sementara itu, penyebab lainnya adalah peradangan pada rongga hidung, dan penyakit.

Sehingga kita dituntut oleh hidung ini untuk terus mengeluarkan ingus hingga hidung terus meradang. Atau minum obat yang mampu mengatasi peradangan tersebut dan meningkatkan daya tahan tubuh kita, namun hasilnya tetap nihil.

Untuk menjawab tuntutan itu bisa kita lihat disini.
Label [ ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger