Home » , » Pake Infrared, Bluetooth, atau USB Data Cable?

Pake Infrared, Bluetooth, atau USB Data Cable?

Saturday, May 19, 2012 | 0 komentar

Memanfaatkan ponsel atau hape sebagai modem komputer memang sangat memungkinkan, karena kita bisa memanfaatkan tiga jenis sambungan, yaitu inframerah, kabel data, bluetooth.... Setiap sambungan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Silahkan lihat perbedaan tersebut dibawah ini versi ridwantask.
  1. Infrared
    Untuk infrared, saya hanya tau kelamahannya saja. Karena dari sisi kecepatan memang sangat minim, jarak perngakat tidak bisa terlalu jauh, dan tidak ada yang instan. Mengapa tidak ada yang instan? Karena sangat jarang sekali laptop atau pun PC maupun nontebook begitu juga netbook yang dibekali infrared. Jadi, kita harus memiliki infrared alternatif dalam menggunkaannya, yaitu dengan membelinya di toko-toko terdekat.
  2. Bluetooth
    Merupakan konektifitas yang cukup mudah, simple, dan tidak ribet. Karena sambungan ini bisa kita temui dimanapun, meski dalam hal perangkat kita harus membelinya (untuk PC atau perangkat lain yang tidak ada bluetoothnya). Namun dari sisi kecepatan, sambungan bluetooth ini jauh di atas infrared. Jarak yang bisa dicapai pun cukup jauh, sekitar 10 - 100 meter tergantung kemampuan bluetooth yang terpasang di kedua perangkat, baik itu pihak ponsel maupun laptop.
    Kelemahannya adalah, sambungan jenis ini sangat rentan terhadap konektifitas. Sehingga kadang-kadang mengalami gangguan yang membuat modem tidak mampu terhubung ke internet. Jika hal ini terjadi, kalian bisa cek langsung di sini
    Cara mengatasi Modem bluetooth nokia c2-01 gagal menyambung ke jaringan
  3. Kabel Data USB atau USB Data Cable
    Merupakan sambungan utama. Kabel data bisa mentransfer data di atas kecepatan bluetooth, apalagi inframerah. Tentu saja ini juga mempengaruhi kecepatan akses internet kita. Tidak ada resiko gangguan konektifitas (kecuali jika kabel data sudah rusak).
    Akan tetapi, kita sangat dibatasi oleh panjang kabel data itu sendiri, namun jangan khawir, kita bisa memperpanjang kabel data sesuai keinginan kita. Caranya ada dua macam yaitu :
    Cara Pertama adalah dengan memodifikasinya, yaitu dengan cara memotong kabel data yang asli. Lalu kita sambung dengan kabel biasa yang sering digunakan dalam perakitan radio. Hati-hati, jangan sampai salah sambung, karena bisa menyebabkan sambungan antara hape dengan PC tidak berfungsi. Untuk menghindarinya, pastikan kalian memotongnya satu persatu, lalu sambung satu persatu secara berurutan.
    Cara kedua adalah dengan membeli kabel data sambungan, atau penyambung kabel data. Bisa dibeli di toko-toko komputer terdekat (pastikan toko tersebut menyediakan barang yang kita maksud).
Oke sob (bos) kita tinggalkan topik ini dengan damai. semoga bermanfaat....
Jika ada yang salah silahkan komentar (tanpa syarat)

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger