Home » , » Beberapa Rahasia Pari Manta

Beberapa Rahasia Pari Manta

Saturday, February 23, 2013 | 0 komentar

Salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia ialah ikan pari manta, lebar terbesar yang pernah diukur mencapai 7,62 meter dan bobot yang pernah terukur mencapai 3 ton. Habitatnya berada di lautan tropis di seluruh dunia, termasuk kabupaten Raja Ampat, Indonesia.

Dalam studi terbaru menggunakan satelit, ilmuwan berhasil mengungkap beberapa rahasia soal pari manta. Diantaranya soal perilaku dan jarak pergerakan jenis ikan ini. Studi ini dilakukan oleh Environment and Sustainability Institute, University of Exeter. Beberapa hasil studinya menunjukan bahwa:
  • pari manta bermigrasi sejauh hingga 1100 kilometer (selama periode studi)
  • Pari manta menghabiskan sebagian besar waktunya mengitari wilayah pesisir yang kaya zooplankton dan telur ikan
Pari manta adalah hewan filter feeder. Ia mencari makan dengan membuka mulut, mengoleksi zooplankton. Pari manta dikatakan banyak menghabiskan waktu di perairan berjarak sekitar 3,2 kilometer dari pantai.

Pari manta masuk dalam kategori terancam berdasarkan International Union for Conservation of Nature. Banyak pari manta menjadi tangkapan samping dari nelayan yang berburu ikan lain seperti hiu.

Pari manta kadang disebut "devilfish" namun tak berbahaya bagi manusia. Ikan ini tidak bisa menyengat seperti jenis pari lainnya. Riset mengungkap bahwa rasio otak dan tubuh pari manta paling besar dibandingkan hiu dan pari.

Peneliti mengungkapkan bahwa tracking pari manta dengan satelit menawarkan cara memahami migrasi global ikan ini serta ancamannya. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal PLoS ONE.

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger