Home » , » Jumlah Planet Alien di Galaksi Bimasakti

Jumlah Planet Alien di Galaksi Bimasakti

Saturday, February 23, 2013 | 1komentar

ilustrasi planet
Ini merupakan sebuah kesimpulan yang diambil oleh Jonathan Swift, seorang pemimpin studi dari Institute of Technology, California. Dia mendapat kesimpulan tersebut setelah mempelajari tata surya Kepler 32 yang jaraknya sekiar 915 tahun cahaya dari bumi.

"Planet Alien" bukan berarti planet tersebut dihuni oleh alien, melainkan planet tersebut berada di luar galaksi Bimasakti.

Tata surya Kepler 32 memiliki induk katai M / katai merah. Katai M merupakan bintang yang lebih kecil dan lebih dingin daripada matahari. Keberadaan katai M sudah sangat umum di galaksi Bimasakti.

Ada lima planet yang menitari kepler 32. Jarak planet-planet tersebut relatif dengan bintangnya. Astronom berpendapat bahwa kepler 32 mempresentasikan tata surya lainnya di galaksi Bimasakti.

Penemuan planet dengan teleskop Kepler dilakukan dengan metode transit. Riset bisa dilakukan jika bintang atau planet sedang menghadap ke teleskop. Keberadaan planet diketahui lewat kedipan cahaya bintang.

Dalam riset ini, Swift melakukan perhitungan, seberapa besar kemungkinan bintang dan planet menghadap teleskop. Lewat perhitungan jumlah selanjutnya didapati bahwa jumlah planet alien di Bimasakti mencapai 100 miliar.

Jumlah 100 miliar tersebut hanya merujuk pada eksoplanet yang mengorbit katai M. Jika ditotal dengan yang mengorbit bintang jenis lain, jumlahnya bisa mencapai 200 miliar.

Studi dipublikasikan di Astrophysical Journal, kemarin. Studi ini juga mengonfirmasi tiga planet di tata surya Kepler 32, masing-masing memiliki diameter antara 0,8-2,7 kali Bumi. Semua planet mengorbit dalam radius jarak 16 juta km dari bintangnya. Bumi sendiri mengorbit Matahari dari jarak 150 juta km

sumber :sains.kompas.com
Label [ , ]

1 comment:

Anonymous said...

Angkasa Luar, Belum Terjamah Dan Masih Banyak Yang Harus Di Pelajari

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger