Home » , » Penjelasan singkat tentang Asteroid, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Penjelasan singkat tentang Asteroid, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Monday, February 25, 2013 | 0 komentar

Asteroid, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit merupakan benda luar angkasa yang berbahan padat. Pada dasarnya keempat benda itu adalah sama, hanya namanya saja yang berubah sesuai dengan tempat keberadaaan benda itu. Namun, asal muasal keempat benda tersebut adalah sama yaitu asteroid.

Asteorid.
Asteroid berkumpul pada satu orbit bernama sabuk asteroid, sabuk ini terletak antara orbit Mars dan Yupiter. Beberapa sumber menyebutkan bahwa asteorid adalah pecahan planet yang hancur karena terlalu dekat dengan Jupiter. Dan sumber lainnya menyebutkan bahwa asteroid adalah bongkahan-bongkahan padat yang "tidak sempat" menjadi planet ketika tata surya ini terbentuk. Lalu bongkahan-bongkahan ini saling berbenturan hingga arah orbitnya tidak teratur alias acak-acakan. Karena arah orbit yang tidak jelas ini, tidak jarang asteorid yang terdeteksi dari bumi. Asteroid yang terdeteksi menjadi sorotan banyak ilmuwan terkait potensinya terhadap keselamatan bumi. Semakin dekat dengan bumi, maka asteroid itu semakin "diperhatikan" mulai dari masa, unsur, kecepatan, hingga arahnya, hal ini dilakukan "demi keselamatan bumi". Namun jika asteroid itu "lolos" dan masuk ke atmosfer bumi, maka asteroid tersebut berubah nama menjadi meteoroid.

Meteoroid
Dikutip dari wikipedia, Meteorid adalah benda-benda yang berukuran lebih kecil dari asteroid tapi lebih besar daripada molekul. Ketika meteoroid ini memasuki atmosfer bumi, ia akan terbakar dan menguap. Namun menurut Ma'rufin, meteorid adalah asteroid yang masuk ke atmosfer tapi tidak sampai ke bumi karena habis terbakar di atmosfer. Meteoroid yang berhasil "lolos" dari atmosfer akan "melanjutkan perjalannya" menuju permukaan bumi. Inilah yang dinamakan meteor.

Meteor
Meteor adalah benda langit yang berhasil mencapai permukaan bumi dan meledak di bumi. Meteor yang berukuran kecil disebut fireball, sedangkan meteor yang berukuran besar dengan ledakan mencapai kekuatan bom atom disebut bollide. Meteor yang meledak ini akan menyisakan pecahan benda langit meteor itu sendiri, meskipun tidak semua meteor yang meledak di bumi meninggalkan pecahannya. Pecahan meteor inilah yang dinamakan Meteorit.

Meteorit
Meteroit merupakan pecahan atau bongkahan meteor yang meledak di permukaan bumi. Contoh meteor dan meteorit terbaru ada di Chelyabink, Rusia. Meteor itu meledak pada hari Jum'at, 15 Februari 2013. Harga jual meteor sendiri sangat mahal, mencapai puluhan hingga ratusan ribu dollar amerika, tergantung bahan, ukuran, asal meteor tersebut. Satu pecahan meteor yang ditemukan petani Meksiko (kalau tidak salah) berhasil ditukar dengan satu unit motor Harley Davidson. Begitu juga di Rusia, warga kota Moskow beramai-ramai "memburu" meteorit. Namun sayang sekali meteorit yang mereka dapatkan disita oleh kepolisian setempat.
Label [ , ]
Terimakasih sudah berkunjung ke http://ridwantask.blogspot.com!
Sekarang anda bisa mengunjungi http://www.ridwantask.com

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger