Home » » 5 Sungai Paling Bersih di Dunia

5 Sungai Paling Bersih di Dunia

Monday, June 16, 2014 | 0 komentar

Di Indonesia, pembenahan sungai tidak kunjung selesai bahkan hingga bertahun-tahun. Dan yang lebih parah lagi, salah satu sungai di Indonesia masuk ke dalam kategori sungai terkotor di dunia.

Sungai menjadi salah satu sumber air yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak, dan mencuci. Pertumbuhan masyarakat yang begitu tinggi membuat kondisi sungai-sungai saat ini sangat memprihatinkan dan tercemar. Namun, tentunya masih ada sungai di dunia ini yang kondisi air atau lingkungannya terjaga dengan baik.

Sungai Lijiang, Cina


Lijiang adalah sebuah sungai yang terletak di Guangxi Zhuang, China. Sungai ini mengalir sepanjang 83 kilometer dari Guilin ke Yangshuo. Hulu Sungai Li dihubungkan dengan Sungai Xiang oleh kanal Lingqu.

Sungai ini juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Kapal-kapal pesiar melintasi Sungai Li sepanjang tahun, dan hal itu menjadikannya salah satu atraksi utama dari Guilin.

Sungai Tornio, Swedia


Tornio adalah sungai yang terletak di utara Swedia dan Finlandia. Sekitar setengah dari panjang sungai ini menjadi bagian dari perbatasan antara kedua negara tersebut. Aliran sungai Tornio memiliki total luas 37.300 kilometer persegi. Dari jumlah tersebut, 25,392.2 kilometer persegi wilayah sungai ini berada di Swedia, 10.400 kilometer persegi di Finlandia dan 1.500 kilometer persegi di Norwegia.

Sungai St Croix, Wisconsin dan Minnesota


St Croix adalah anak sungai dari Sungai Mississippi, dengan panjang mencapai sekitar 272 km. Sungai ini mengalir dari Wisconsin hingga ke Minnesota. Sungai ini berada di bawah perlindungan National Park Service. Sebuah pembangkit listrik tenaga air dibangun di air terjun St Croix yang memasok listrik ke Minneapolis - area metropolitan di St. Paul.

Sungai Tara, Eropa


Tara adalah sungai yang mengalir di Montenegro serta Bosnia dan Herzegovina. Total panjang sungai ini mencapai 144 km, dengan 104 km berada di Montenegro dan 40 km berada di Bosnia dan Herzegovina. Sungai Tara pun membentuk perbatasan antara kedua negara tersebut di beberapa tempat. 

Tara River Gorge yang terletak di Sungai Tara, menjadi ngarai terpanjang di Montenegro dan Eropa dan terpanjang kedua di dunia setelah Grand Canyon, dengan panjang mencapai 78 kilometer dan kedalaman 1.300 meter. Ngarai ini dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Durmitor.

Sungai Thames, Inggris


Sungai Thames menjadi salah satu landmark Inggris yang terkenal di dunia. Sungai ini mengalir melalui selatan Inggris dan merupakan sungai terpanjang kedua di Britania Raya, setelah Sungai Severn. Sungai yang memiliki panjang mencapai 346 km ini dihubungkan dengan dua kanal ke daerah aliran sungai lainnya. 

Inilah lima sungai yang disebut sebagai sungai terbersih di dunia. Kondisi mereka masih sangat terjaga dan memiliki pemandangan alam yang indah.

Label [ ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger