Home » » Ternyata Lidah Manusia Bisa Mengenali 6 Rasa

Ternyata Lidah Manusia Bisa Mengenali 6 Rasa

Thursday, June 12, 2014 | 0 komentar

Selama ini, kita hanya mengenali 5 rasa makanan yang bisa dirasakan oleh lidah. Yaitu manis, asam, pahit, asin, dan gurih. Namun selain kelima rasa tersebut, ternyata ada rasa lain yang bisa dikenali lidah, yaitu karbohidrat.

Para peneliti dari University of Auckland Centre menemukan hal ini ketika mereka melakukan penelitian yang melibatkan sejumlah orang untuk merasakan rasa dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

"Penelitian ini menemukan bahwa lidah manusia ternyata peka terhadap karbohidrat. Ketika mereka mengonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat, terjadi peningkatkan sensor rasa tersendiri dan memicu pusat kesenangan di otak," kata Dr Nicholas Gant, salah seorang peneliti. "Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mampu mengaktivasi kemampuan otak untuk meningkatkan sensasi dan kinerja otot. Itulah sebabnya sebagian besar dari Anda merasa senang setelah mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi."

Fakta lain dari penelitian ini adalah meskipun karbohidrat adalah zat yang bisa dipecah menjadi gula, namun lidah ternyata bisa mendeteksi mana rasa makanan yang benar-benar manis dan mana makanan yang rasa manisnya berasal dari karbohidrat. Sehingga para ilmuwan pun mengatakan bahwa sebenarnya lidah manusia bisa merasakan enam rasa yang berbeda.
Label [ ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger