Home » » Hal-hal Sederhana yang Bisa Mencerdaskan Otak Kita

Hal-hal Sederhana yang Bisa Mencerdaskan Otak Kita

Tuesday, June 10, 2014 | 0 komentar

Kebanyakan dari kita lebih memilih baca buku agar lebih cerdas. Padahal ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan dalam hal meningkatkan kemampuan otak ini. Bahkan tidak banyak orang yang memanggapnya sepele dan malas untuk melakukannya.



Berikut dibawah ini adalah kegiatan sehari, yang mungkin untuk kita lakukan dan ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak kita.

1. Jalan-jalan
Anda juga pasti merasakan apa yang kita pikirkan ketika kita sedang jalan kaki. Ketika berjalan kaki, otak sebenarnya mampu mengumpulkan banyak informasi. Bahkan, berjalan juga bisa merangsang bertambahnya kreativitas untuk merubah ide-ide di kepala menjadi sebuah solusi atas masalah kita sehari-hari.

Penelitian juga membuktikan jika berjalan-jalan di alam terbuka bisa meningkatkan kreativitas seseorang dua kali lebih kuat dibandingkan saat berpikir biasa dengan duduk-duduk santai.

Sehingga orang yang sering jalan kaki cenderung lebih cerdas.

2. Mandi
Ketika seseorang mandi, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon dopamine yang punya andil besar dalam meningkatkan kreativitas dan rasa gembira. Banyak orang yang telah membuktikan jika saat mandi mereka sering menemukan ide-ide yang brilian. Mandi memang terbukti ampuh untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

3. Kopi
Orang-orang Indonesia pada umumnya adalah peminum kopi. Kopi memang sudah dijadikan minuman energi semenjak ribuan tahun yang lalu.

Peneliti menemukan jika kafein dalam kopi bisa meningkatkan kerja sel saraf untuk mengembangkan sisi 'pintar' manusia. Akan tetapi, efek kopi ternyata berbeda untuk tiap orang. Inilah alasan ada beberapa orang yang bisa tambah fokus terhadap sesuatu saat minum kopi, sedangkan orang lain merasa tak terjadi perubahan apa-apa setelah minum kopi.

4. Mengunyah Permen Karet
Yang satu ini agak kontroversil dengan lingkungan sekolah, dimana permen karet dan bahan makanan lainnya memang dilarang ketika pelajaran berlangsung. Padahal, ternyata permen karet mampu meningkatkan kosentrasi. Penelitian berhasil menyimpulkan jika mengunyah permen karet selama 5 menit bisa meningkatkan ingatan dan kecerdasan selama 15 sampai 20 menit, Psychology Today (25/5).

Label [ ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger