Home » » Mobil Tanpa Sopir rancangan Google Berhasil Melalui Tes

Mobil Tanpa Sopir rancangan Google Berhasil Melalui Tes

Monday, June 2, 2014 | 0 komentar

Google memang sudah lama berencana untuk menciptakan mobil yang mampu berjalan sendiri, tanpa sopir. Jadi sopir disini bisa dianggap penumpang. :D.

Tes yang Dilakukan

Hasil ujicobanya membuat pengguna jalan lain tidak merasa terganggu. Uji coba mobil tanpa sopir ini dilakukan Google di jalan raya sekitar Mountain View, California, Amerika Serikat (AS), dan mengundang sejumlah jurnalis setempat, Selasa (13/5/2014).

Mobil percobaan google tersebut mampu melaju selama 30 menit dijalan raya yang digunakan oleh pengendara lain juga penjalan kaki. Hebatnya, selain mampu "membaur", mobil tersebut juga mampu mematuhi rambu lalu lintas.

Sensasi naik mobil tanpa sopir ini seperti naik taksi, berjalan perlahan dengan kecepatan normal dan mampu mempertahankan jarak dengan kendaraan yang ada di sekitarnya.

Karena tidak dikemudikan oleh manusia, mobil ini akan melambat setiap kali menemukan lampu lalu lintas. Terkait kemampuannya mendeteksi lampu lalu lintas. Bukan hanya lalu lintas dengan sudut yang memungkinkan saja, tapi lampu lalu lintas dengan posisi serong juga bisa terdeteksi. Dan itu menjadi salah satu kelebihan kemampuan mobil otomatis google.

Kelemahan lainnya adalah mobil ini tidak bisa bergerak mulus ketika pindah jalur. Jadi ketika berpindah jalur, pergerakannya lebih tajam daripada pengemudi biasanya. Mungkin hampir seperti perpindahan jalur dalam game-game lingkungan mobil.

Namun, mobil ini hanya mampu bergerak setelah masuk jalan raya. Artinya ketika mobil tersebut masuk atau keluar parkir. Karyawan Google-lah yang mengemudikannya.

Jenis Mobil Yang digunakan

Kali ini, mobil yang digunakan google untuk melakukan tesnya ialah mobil merek Lexus RX 450h yang telah dimodifikasi oleh Google. Selain global positioning system (GPS), mereka menambahkan sejumlah sensor yang berputar 10 kali per detik untuk mengumpulkan pemandangan 360 derajat di lingkungan sekitar mobil.

Sekedar informasi, mobil ini merupakan proyek rahasia Google X yang dikembangkan dalam lima tahun terakhir. Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, berharap teknologi ini bisa mengurangi kecelakaan dan kematian di jalan raya.

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger