Home » , » 10 Fakta Menarik Tentang Bulan

10 Fakta Menarik Tentang Bulan

Monday, March 18, 2013 | 0 komentar

Bulan adalah satelit bumi, penerang kedua setelah matahari. Ternyata ada 10 fakta menarik tentang bulan, beberapa diantaranya bertentangan dengan teori yang sudah ada, dan sebagian lagi adalah sesuatu yang sulit dipercaya.

  1. Tentang cara bulan terbentuk
    Menurut beberapa teori, bulan terbentuk ketika batu seukuran palent mars menabrak bumi pada 4,5 miliar tahun yang lalu
     
  2. Bulan terkunci pada orbitnya
    Hal yang paling menarik adalah bumi dan bulan ternyata sama-sama berputar pada orbitnya, bagaimana itu bisa terjadi?

    Dahulu kala, efek gravitasi Bumi yang melamban membuat rotasi bulan tetap pada porosnya. Setelah rotasi bulan melamban sesuai dengan orbitnya (waktu yang diperlukan bulan untuk mengelilingi bumi) maka rotasi bulan menjadi stabil.

    Bagaimana dengan fase regular bulan yang terlihat di Bumi? Bulan selalu mengorbiti Bumi. Satelit itu menghabiskan sebagian waktunya mengelilingi Bumi dan matahari. Saat berada jarak terjauh dari bumi, ini dinamakan bulan mati, dan ia hanya terlihat sisi gelapnya saja.

    Sementara ketika Bumi berada hampir segaris di antara matahari dan bulan, maka seluruh permukaan bulan akan diterangi matahari. Ini dinamakan bulan purnama.

    Sedangkan, posisi bulan berada di sisi samping Bumi dan matahari, maka hanya sepotong cahaya matahari akan menerangi bulan. Ini yang membentuk bulan sabit.
     
  3. Ada pohon di bulan
    Pada tahun 1971, Apollo 14 mendarat di bulan dengan membawa tiga astronot, yaitu Stuart Roosa, Alan Shepard, dan Edgar Mitchell. Rossa pun mengambil sekelompok benih yang ada di bulan dan menanamnya di Bumi. Hasilnya, 400 benih tumbuh di Bumi dan diberi nama Pohon Bulan.
     
  4. Bulan adalah saudara bumi
    Pada tahun 1999, para peneliti menemukan asteroid yang bernama Cruithne dengan lebar 5 kilometer. Asteroid itu terjebak dalam cengkeraman gravitasi Bumi. Ini malah lebih tepat disebut satelit Bumi. Asteroid ini membutuhkan waktu 770 tahun untuk mengelilingi Bumi dan akan tetap mengelilingi bumi selama 5000 tahun lagi.
     
  5. Dibulan banyak kawah
    Kawah yang terbentuk dari tumbukan 4,1-3,8 miliar tahun yang lalu belum hilang hingga saat ini, karena di bulan tidak ada gempa maupun atau hal lain yang bisa mengubah "formasi" pasir di bulan.
     
  6. Bulan berbentuk seperti telur
    Bentuk bulan tidak bulat seperti bola, tapi lebih menyerupai telur. Saat Anda mengelilingi bulan, ketika berada di permukaan yang kecil itu berarti Anda berada di ujung bulan. Selain itu, bulan juga tidak ada pusat geometris.
     
  7. Di bulan juga ada gempa
    Ternyata, bulan tidak benar-benar mati secara geologis. Gempa kecil ternyata terjadi di bulan. Diduga gempa ini disebabkan oleh gravitasi Bumi.

    Para peneliti memperkirakan bahwa bulan memiliki inti panas sama sepeti Bumi. Dari data pesawat luar angkasa NASA Lunar Prospector yang mendarat di bulan, menemukan bahwa inti bulan ternyata sangat kecil, besarnya antara 2-4 persen dari massa bulan.
     
  8. Apakah bulan bisa disebut planet?
    Ukuran bulan lebih besar dari Pluto, ukurannya kira-kira seperempat dari Bumi. Beberapa peneliti berpikir bahwa bulan lebih seperti sebuah planet, mengacu pada adanya kesamaan sistem orbit pada bulan dan Bumi. Bulan dan bumi sering disebut sebagai planet ganda.
     
  9. Bulan mempengaruhi air laut
    Gravitasi bulan telah menarik lautan di Bumi. Air pasang terjadi ketika Bumi berputar di bawah bulan. Pasang naik menyebabkan gelombang yang sangat tinggi dan pasang surut membuat gelombang menjadi sangat rendah. Salah satunya adalah pasang laut purnama yang terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama. Situasi ini terjadi ketika Bumi, bulan dan Matahari berada dalam satu garis lurus.

    Selain itu, tarik menarik gravitasi antara Bumi dan bulan juga  menyebabkan melambatnya rotasi Bumi, sekitar 1,5 milidetik setiap abadnya.
     
  10. Bulan menjauhi bumi setiap tahunnya
    Setiap tahunnya, bulan bergeser sejauh 3,8 sentimeter lebih tinggi dari orbitnya. Para peneliti mengatakan, ketika awal terbentuknya bulan, jaraknya dengan Bumi hanya sejauh 22.530 kilometer. Saat ini, jarak antara bulan dan Bumi sudah mencapai 450.000 kilometer. Jika gravitasi Bumi sudah tidak terlalu kuat, suatu hari nanti, bulan akan meninggalkan Bumi.
Bulan adalah satelit bumi, bulan adalah tetangga bumi, bulan adalah kembaran bumi, bulan adalah sebuah planet, mana yang benar? Bumi dan bulan adalah pasangat yang tidak akan terpisahkan meski lambat laun, bulan semakin menjauh dari bumi.
Label [ , ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger