Home » , » Situs Batu Tulis Naga Jabranti

Situs Batu Tulis Naga Jabranti

Sunday, March 24, 2013 | 0 komentar

Batu tulis ini tidak memberikan pesan tertulis berupa huruf-huruf kuno, melainkan sebuah ukiran berbentuk naga. Selain naga, ada juga ukiran berbentuk sosok manusia berambut gundul dan tangannya memegang ekor naga.

Batu tulis ini ditemukan di Gunung Tilu, Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkencana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Merupakan perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Penduduk setempat sudah lama mengetahui situs tersebut, tapi mereka tidak melakukan penelitian, "kunjungan" pun hanya dilakukan oleh orang-orang yang hendak bertapa, atau mencari pesugihan. Pahatan naga ini diperkirakan sudah muncul sejak jaman prasejarah, karena dipahat pada bongkahan batu utuh tanpa mengubah bentuk aslinya. Meskipun begitu, pahatan bergambar naga bukan merupakan ciri khas "karya" manusia prasejarah.

Menurut Ali Akbar yang merupakan Arkeolog dari Universitas Indonesia, ukiran tersebut dibuat oleh orang Sunda kuno sekitar abad 14 - 15 masehi. Ali sendiri masih bingung, apakah ukiran itu membentuk naga atau ular besar? Pada gambar ini Ali tidak menemukan "kaki" seperti bentuk naga pada umumnya. Menurut Ali, orang sunda kuno tidak mengenal naga, tapi ular besar sebagai simbol kesuburan. Jika batu tulis ini benar-benar naga, maka batu tulis itu akan menjadi peninggalan berbentuk naga pertama di Jawa Barat.

Situs ini terletak di ketinggian 1300 meter DPL (Diatas Permukaan Laut). Mengacu pada letaknya di ketinggian, Ali Akbar menduga bahwa pada masa megalitikum tempat ini digunakan untuk tempat pemujaan arwah leluhur. Pada masa Sunda kuno, tempat ini berubah menjadi tempat para resi dan pendeta menyepi dan melepaskan diri dari agama Hindu dan Budha yang merupakan dua agama utama pada masa itu.

Temuan ini diteliti lebih lanjut oleh MARI (Masyarakat Arkeolog Indonesia). MARI sendiri sudah mempunyai website resmi http://www.mariarkeologi.org/. Jadi bagi siapapun yang ingin melaporkan situs denga potensi prasejarah bisa dikirim ke website tersebut.

sumber : http://id.berita.yahoo.com/

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger