Home » , , » Bukti-bukti Terjadinya Evolusi

Bukti-bukti Terjadinya Evolusi

Saturday, March 30, 2013 | 0 komentar


Evolusi adalah perubahan sifat-sifat suatu individu dari generasi ke generasi. Pada dasarnya, perubahan sifat ini adalah gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup. Ketika suatu organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat-sifat baru ini bisa diperoleh dari mutasi gen, atau transfer gen antar populasi atau transfer gen antar spesies.

Bukti-bukti terjadinya evolusi bisa dilihat dari keanekaragaman makhluk hidup. Dibawah ini adalah beberapa bukti kuat terjadinya evolusi.

Variasi dalam satu spesies
Contoh sederhana tentang variasi dalam suatu spesies adalah keanekaragaman jenis hewan tertentu, seperti keanekaragaman jenis kucing, jenis ayam, dan lain sebagainya. Bahkan, keanekaragaman bentuk wajah manusia juga bisa dikatakan sebagai variasi dalam satu spesies, karena dua orang yang kembar sekalipun masih ada faktor yang bisa dibedakan.
 
Fosil
Secara sederhana, fosil adalah bagian individu yang terawetkan dalam batuan sedimen. Salahsatu alasan mengapa fosil bisa dijadikan bukti terjadinya evolusi adalah bahwa fosil mampun menjelaskan apa yang terjadi di masa lalu. Cara menggunakan fosil untuk membuktikan terjadinya evolusi adalah dengan uji pelapukan radioaktif. Dengan cara ini, umur suatu fosil bisa diketahui, lalu disusun berdasarkan umur, dimulai dari fosil yang paling tua. Semakin banyak fosil yang ditemukan, berarti semakin banyak pula "mata rantai" yang terisi. Namun, ditemukannya fosil baru memungkinkan evolusi suatu spesies semakin kuat, atau malah terbantahkan.

Kemiripan Susunan Biokimia
Yang dimaksud dengan susunan biokimia adalah segmen-segmen penyusun DNA yang disebut gen. Segmen-segmen ini mengandung kode-kode kimia untuk membentuk protein dengan berikatan dengan asam amino tertentu dengan urutan yang spesifik. Semua jenis protein dalam makhluk hidup hanya disusun oleh 20 jenis asam amino. Kode DNA merupakan bahasa yang sederhana untuk membentuk semua makhluk hidup, ini menjadi dasar kesatuan kehidupan molekular.

Perbandingan Anatomi
Perbandingan anatomi adalah evolusi jika dilihat dari bentuk tubuh dan fungsinya. Hanya ada dua hal yang dibandingkan berdasarkan anatomi, yaitu Homologi dan Analogi.
Perbandingan Anatomi Homologi merupakan perbandingan yang mengacu pada struktur tubuh atau bagian tubuh, seperti tangan pada manusia, dan sayap pada burung. Kedua organ tersebut memiliki asal yang sama, tetapi berevolusi menjadi bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan.
Sedangkan Perbandinga Anatomi Analogi adalah kesamaan fungsi tetapi dengan struktur yang berbeda. Hal ini ditunjukan oleh bentuk sayap setiap individu terbang, atau bentuk tangan setiap primata.

Perbandingan Embrio
Bentuk embrio sebagai bukti terjadinya evolusi ditemukan setelah ditemukannya pencitraan terhadap embrio berbagai makhluk hidup. Pada gambar di bawah ini terlihat perkembangan tiga embrio makhluk hidup yang berbeda hingga dewasa. Empat fase pertama menunjukan bentuk yang sama dan selanjutnya berkembang menjadi bentuk yang lain sesuai dengan sifat-sifat yang diwariskan induknya.
Terimakasih sudah berkunjung ke http://ridwantask.blogspot.com!
Sekarang anda bisa mengunjungi http://www.ridwantask.com

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger