Home » , » Makanan Yang Membantu Otak Tetap Fokus Ketika Belajar

Makanan Yang Membantu Otak Tetap Fokus Ketika Belajar

Friday, March 1, 2013 | 0 komentar

Sikap fokus terhadap suatu masalah adalah sesuatu yang sangat penting untuk tetap kompetitif. Jika kita berpikir "ngalor ngidul" kita akan merasa terbebani, setelah merasa terbebani cenderung akan berhenti berpikir. Berikut ini adalah beberapa makanan yang layak dijadikan cemilan agar otak kita tetap fokus ketika belajar maupun bekerja.
  1. Kafein
    Kafein adalah adalah suatu zat yang banyak terdapat pada kopi atau cokelat. Kafein bisa membuat kita tetap fokus jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Jika terlalu banyak akan menyebabka kita selalu gelisah dan tidak mampu konsentrasi. Tidak boleh lebih dari tiga cangkir perhari. Kopi yang baik adalah kopi hitam, atau ditambah dengan susu rendah lemak.
  2. Gula
    Gula memang buruk bagi kesehatan. Tapi satu sendok gula bisa membuat otak kita bisa fokus kembali. Gula yang baik adalah gula yang sehat yang didapat dari buah-buahan atau bahan makanan yang belum mengalami olahan seperti gandum.
  3. Ikan
    Ikan merupakan sumber alami asam lemak omega-3. Mengkonsumsi ikan dua kali seminggu bisa memberikan kita vitamin yang penting bagi otak. Ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan yang tidak mengandung terlalu banyak logam berat berbahaya seperti merkuri. Beberapa ikan yang disarankan diantaranya salmon, tuna, dan sarden.
  4. Popcorn
    Popcorn adalah makanan ringan dari jagung. Makanan ini kaya akan vitamin B6, B12, dan E. Vitamin-vitamin itu berperan dalam meningkatkan daya ingat. Akan lebih baik jika kita tidak menambahkan garama atau penguat rasa lainnya sebelum makan cemilan ini.
  5. Alpukat
    Selain mampu menurunkan kadar kolesterol yang jahat, buah ini juga mampu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan fungsi otak. Alpukat juga memiliki kadar omega-3 yang cukup tinggi. Alpukat bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang tidak suka ikan laut.
  6. Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Selain tinggi kandungan antioksidan, kacang dan biji-bijian juga berkontribusi dalam memberikan perlindungan jangka panjang pada otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif Anda.
  7. Sayuran hijau
    Sayuran hiaju memiliki asam float uang cukup tinggi.
Enam dari tujuh point menujukkan makanan yang terbuat dari tumbuhan, ini membuat saya berpikir bahwa orang yang "vegetarian" memiliki daya ingat dan kemampuan konsentrasi yang cukup tinggi.

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger