Home » , » Tips Meningkatkan Daya Ingat

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Friday, March 1, 2013 | 0 komentar

Daya ingat merupakan kemampuan seseorang dalam mengingat sesuatu. Daya ingat ini sangat penting, terutama bagi para pelajar yang akan menghadapi Ujian Sekolah maupun Ujian Nasioanl. Bukan hanya mempertahankan, kita juga harus meningkatkan daya ingat ini agar tetap bisa bersaing. Berikut dibawah ini adalah tips meningkatkan daya ingat.


  1. Mengubah suatu informasi ke dalam kalimat atau bahasa kita sendiri, dengan cara ini, kita bisa lebih mudah mengingat suatu informasi.
  2. Membuat catatan untuk setiap informasi yang dianggap penting. Yang harus dicatat ialah ringkasannya saja, bagian yang jika kita baca kita akan mengingat sesuatu yang terkait pada apa yang kita baca.
  3. Menjawab pertanyaan atau soal-soal. Cara ini akan memaksa kita untuk membuka kembali informasi yang sudah kita dapatkan atau membuka catatan.
  4. Mainkan game yang mengutamakan daya ingat dan logika, diantaranya ialah catur, sudoku, mahjong, freecel, spider solitaire, dan masih banyak lagi. Lakukan hal ini di waktu luang.
  5. Buatlah akronim atau singkatan-singkatan yang mengacu pada suatu kalimat yang harus kita ingat.
  6. Lebih sering berjalan kaki. Jalan kaki sejauh 7 kilometer dalam seminggu bisa mengurangi resiko penurunan daya ingat.
Selain kegiatan diatas, kita juga harus banyak mengkonsumsi makanan Yang mengandung 7 Vitamin: yaitu B3, B6, B12, B9, C, D , dan E. Alasannya adalah:
  1. Vitamin B3
    Dalam vitamin B3 terdapat bentuk tertentu yang disebut dengan Nikotinamida yang diyakini mampu mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Namun penememuan ini baru diuji coba pada tikus dan belum diketahui efeknya bagi manusia. Makanan yang mengandung vitamin B3 diantaranya ialah ikan tuna, ayam, salmon, dan kalkun.
  2. Vitamin B6
    Asupan harian vitamin B6 dapat membantu meningkatkan memori dari waktu ke waktu, dan kemampuan otak dalam memproses informasi pada tingkat yang lebih cepat. Anda bisa mendapatkan sumber alami vitamin B6 dari ikan tuna, telur, wortel dan sayuran.
  3. Vitamin B9
    Vitamin B9 membantu dalam produksi sel darah merah, ini memingkinkan seseorang untuk mendapat suplai oksigen ke otak lebih banyak. Sumber vitamin B9 terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian atau jus berbahan jeruk atau tomat.
  4. Vitamin B12Vitamin B12 dapat menjaga kadar darah homosistein pada tingkat yang sehat. Homosistein adalah senyawa asam amino yang berperan penting terhadap fungsi otak. Vitamin ini juga dapat memperbaiki serat saraf otak. Makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya adalah daging sapi, hati, kerang, dan ikan
  5. Vitamin C
    Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga memori otak. Sebuah studi menemukan bahwa vitamin C memiliki sifat protektif terhadap masalah memori dan hilangnya kewasapadaan mental. Sumber vitamin C ialah buah dan sayuran, terutama jeruk dan stroberi.
  6. Vitamin DTingkat penurunan vitamin D berkaitan dengan hilangnya memori akibat proses penuaan. Vitamin D bisa didapat dari makarel, ikan tuna, dan makanan lainnya.
  7. Vitamin E
    Vitamin E dapat membantu melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan. Bahkan vitamin E dapat sel-sel saraf otak dari kematian pasca serangan stroke. Namun, kelebihan vitamin E bisa memperlambat proses pembekuan darah.
Berdasarkan informasi diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa daya ingat manusia bisa ditingkatkan dengan menkonsumsi biji-bijian, ikan tuna, ayam, sayuran, daging sapi, hati, dan sumber lain yang mengandung vitamin B, C, D, dan E.

    No comments:

     
    Back to TOP
    Artikel Terbaru Ridwantask :
    Network : AdsenseCAMP | Eimimo
    Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
    Template Modify by Mas Template
    Proudly powered by Blogger