Home » , » Ruang Lingkup Fisika

Ruang Lingkup Fisika

Sunday, March 17, 2013 | 0 komentar

Fisika berasal dari bahasa Yuani yang berarti alam. Jadi ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari alam, berhubungan dengan perilaku benda mati. Bisa dikatakan ilmu tertua setelah biologi karena ilmu fisika sudah muncul sejak manusia mulai melakukan pengamatan terhadap pergerakan benda langit.

Tujuan mempelajari ilmu fisika adalah untuk memahami dan menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi, khususnya fenomena-fenomena yang tertangkap oleh panca indera manusia. Perkembangan ilmu fisika dimulai sejak Galileo merumuskan benda jatuh, dan Newton merumuskan teori benda bergerak pada umumnya.

Manfaat dari berkembanganya ilmu fisika sangat terasa pada perkembangan teknologi. Berkembangnya teknologi ternyata sangat mempengaruhi perkembangan pengetahuan alam lainnya, seperti kimia dan biologi. Contohnya adalah ditemukannya mikroskop oleh Leeuwenhoek mempengaruhi perkembangan pengetahuan biologi.

Secara garis besar, ilmu fisika dibagi menjadi dua bagian; yaitu fisika klasik yang mempelajari fenomena-fenomena yang tertangkap oleh panca indra, dan fisika moderen yang mempelajari fenomena-fenomena yang tidak tertangkap oleh panca indra. Ilmu moderen dimulai sejak Einstein memperkenalkan teori relativitas dan Curie memperkenalkan teori Radioaktivitas, kedua teori ini mulai digunakan sejak perang dunia II.

Data-data yang dihasilkan dari ilmu fisika berupa data kuantitatif atau data yang dapat dihitung. Data-data yang dapat dihitung tersebut merupakan data yang menyatakan ukuran atau dapat diukur, seperti panjang, berat, suhu, dan lain-lain. Satuan yang menyatakan ukuran disebut besaran, seperti dalam ukuran satu meter, berarti "satu meter" adalah besaran. Ada dua komponen utama dalam besaran, yaitu nilai dan satuan, nilai merupakan komponen yang berupa angka, dan satuan adalah komponen yang merupakan kombinasi huruf dan angka. Contoh satuan antara lain; m2, m3, m, cm, dan masih banyak lagi.
Label [ , ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger