Home » , » Macam-macam Alat Ukur

Macam-macam Alat Ukur

Wednesday, March 6, 2013 | 0 komentar

Alat ukur merupakan alat bantu yang digunakan ketika kita mengukur sesuatu. Hal-hal yang biasa diukur menggunakan alat ukur diantaranya, panjang, waktu, suhu, massa/berat. Berikut ini adalah macam-macam alat ukur yang umum digunakan dalam fisika.

Mistar ukur
Mistar ukur merupakan alat ukur yang mengukur panjang dengan ketelitian hingga 1 mm. Skala terkecil yang bisa diukur menggunakan mistar adalah 0,5 mm. Semua pasti tahu mistar ukur, karena alat ini sangat umum digunakan mulai dari SD.

Jangka Sorong
Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter benda bulat, baik itu diameter bagian luar, maupun diameter bagian dalam. Bisa digunakan untuk mengukur lebar lubang pipa. Ketelitian mencapai 0,05 mm atau sepuluh kali lebih akurat dibandingkan mistar. Nilai ketelitian ini tergantung pada jangka sorong yang digunakan. Jika pada skala nonius jangka sorong terdapat angkat 1/20, berarti :

1 mm / 20 = 0,05 mm

ini artinya, jangka sorong tersebut memiliki ketelitian hinga 0,05 mm.

Bagian-bagian jangka sorong, klik agar lebih jelas.
pada gambar diatas, skala nonius disebut skala geser.

Mikrometer Sekrup (ulir)
Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Ketelitian mencapai 0,01 mm. Lihat bagian-bagian mikromete sekrup pada gambar dibawah ini

Stopwatch
Stopwatch merupakan alat ukur waktu dengan ketelitian hingga milidetik (0,1 detik). Biasa digunakan ketika mengukur kecepatan dan waktu tempuh (Waktu tempuh dengan kecepatan itu sama tidak? )
 
Neraca
Neraca adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat atau massa. Neraca bamyak ditemukan di berbagai tempat, seperti di pasar, toko daging, gudang beras, bahkan di pengadilan. Macam-macam neraca diantaranya neraca ohaus, neraca pegas, dan neraca timbangan.
Label [ , ]

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger