Home » , » Penjelasan singkat Web, Webhosting, Space, dan Bandwith

Penjelasan singkat Web, Webhosting, Space, dan Bandwith

Sunday, March 10, 2013 | 0 komentar

Webhosting atau disebut hosting saja merupakan salahsatu pendukung berdirinya sebuah website.Tanpa webhosting, sebuah website tidak bisa diakses. Webhosting sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin meampilkan produknya di internet. Webhosting juga memungkinkan pemilik web untuk menyediakan file yang bisa didownload oleh pengunjung webnya, atau mengijinkan pengunjung mengunggah (upload) file ke webnya, contohnya facebook yang memperbolehkan kita untuk upload foto album (selain foto profil yang setengah wajib).


Perbedaan web dengan webhosting yaitu, web merupakan singkatan dari website atau situs web. Web bisa dianalogikan sebagai nomor rumah yang disebut dengan domain. Sedangkan webhosting merupakan isi dari rumah tersebut, atau penyedia jasa penyimpanan di internet.

Ketika seorang mengunjungi suatu situs, dan situs tersebut berhasil ditampilkan, misalkan seseorang mengunjungi situs www.google.com, maka secara otomatis google.com akan menampilkan konten atau file (berkas) yang disimpan di hostingnya. Tentang file atau berkas yang ditampilkan, pemilik web memiliki hak penuh untuk membatasi dan memilah-milah file apa saja yang akan ditampilkan atau dibagikan. Setiap penyedia webhosting memberlakukan pembatasan space dan bandwith kepada penyewa webhosting.
 
Space, adalah kapasitas maksimum yang bisa digunakan penyewa webhosting (pemilik web). Besar kecilnya ukuran space berpengaruh pada jumlah file yang bisa diupload, dan layanan email admin.

Bandwith merupakan batas maksimum transfer data per satuan waktu yang bisa dilakukan sebuah website. Misalkan 1GB / bulan, artinya sebuah website bisa menampilkan situsnya selama total transferdata dalam sebulan tidak melebihi 1 GB, jika transfer data melebihi batas tersebut, website tidak bisa dibuka lagi hingga bulan berikutnya. Maksud dari transfer data adalah kegiatan menampilkan konten suatu website, termasuk upload dan download. Jadi, jika sebuah website mengijinkan upload file, dia harus punya bandwith besar untuk mengantisipasi terjadinya overbandwith atau kehabisan bandwith.

Jadi, Bagaimana sebuah website bisa bekerja?
Ketika seseorang menunjungi sebuah website, misalkan www.facebook.com maka secara otomatis www.facebook.com akan menampilkan file atau berkas tertentu, yang disimpan di webhosting.

Dibawah ini merupakan skema sederhana tentang cara kerja website.

Pengunjung --> web --> webhosting --> pengunjung

No comments:

 
Back to TOP
Artikel Terbaru Ridwantask :
Network : AdsenseCAMP | Eimimo
Copyright © 2012. RidwanTASK GO BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Template
Proudly powered by Blogger